cover
Contact Name
Luqman H
Contact Email
jeps@sebi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jeps@sebi.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
ISSN : 23551755     EISSN : 25796437     DOI : https://doi.org/10.46899/jeps.v9i1
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah is a scholarly journal published by Islamic Banking Department, School of Islamic Economics STEI SEBI The JEPS journal has been issued since 2013 and it’s have published twice in a year in April and October. The journal has been publishing scholarly papers since 2013. Starting in 2018 onwards, we encourage authors to only submit research papers written in good-read English academic writing. The journal is designed to provide a forum for researchers or academicians and also practitioners who are interested in knowledge and in discussing ideas, issues and challenges in the field of Islamic economic and banking. To solve the problem of the ummah and to provide the solution for the gap between the theories and practices. The scope or coverage of this journal will include but are not limited to Islamic economics, Islamic business, Islamic banking, Islamic capital markets, Islamic wealth management, issues on shariah implementation/practices of Islamic banking, zakat and awqaf, takaful, Islamic corporate finance, shariah-compliant risk management, Islamic derivatives, issues of Shariah Supervisory Boards, Islamic business ethics.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH" : 6 Documents clear
KONSEP MARKETING MIX SYARIAH Patah Abdul Syukur; Fahmi Syahbudin
JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46899/jeps.v5i1.167

Abstract

ABSTRAK. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah konsep marketing mix yang sesuai dengan syariah. Penilaian konsep marketing mix yang sesuai syariah ini menilai variabel Product (Produk), Price (Harga), Place (Penempatan), dan Promotion (Promosi) dengan aturan-aturan muamalah dalam islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan konsep marketing mix syariah, serta sebagai kontribusi keilmuan berkaitan dengan marketing mix syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori marketing, marketing mix, serta teori tentang muamalah yangsesuai dengan syariah. Penelitian ini memfokuskan pada penilaian marketing mix dengan aturan-aturan muamalah dalam islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka baik bersumber data buku ataupun jurnal, sedangkan untuk aspek penilaiannya yaitu ditinjau dari Al -Qur’an, Hadits, Ijtihad para ulama, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menghasilkan konsep marketing mix yang sesuai dengan syariah meliputi variabel Product (Produk), Price (Harga), Place (Penempatan), dan Promotion (Promosi) yang telah disesuaikan dengan aturan-aturan dalam muamalah islam, penelitian ini juga sebagai saran bagi para pelaku bisnis yang ingin menjalankan bisnisnya sesuai syariat Islam. Sehingga konsep marketing mix syariah ini memiliki perbedaan dengan marketing mix pada umumnya karena telah disesuaikan dengan aturan muamalah dalam islam.Kata kunci: marketing, marketing mix, marketing mix syariahABSTRACT. The main issues will be discussed in writing this is how theconcept of marketing mix according to sharia. Assessment the concept ofmarketing mix appropriate sharia this assess variable product, price, place, and promotion into rules muamalah in Islam. The purpose of this study is to find and explain the sharia marketing mix, and as a contribution scientific per taining to sharia marketing mix. A theory that used in this research that is the theory marketing, marketing mix, and a theory about muamalah in accordance with sharia. Methods used in this research is a literature study good sourced data book or journal , while on the aspect of this assessment that is in terms of the Al-Qur’an, Hadith, ijtihad ulama, and the work of scientific relating to the study.This research come up with concepts marketing mix according to shariacovering variable product, price, place, and promotion that has been adjusted for rules in Islamic him, the research also as a suggestion for actors businesses that would like to run business in accordance Islamic sharia. So that the concept of sharia marketing mix it has different to marketing mix in general because has been adjusted for rules him in Islam.Keywords: marketing, marketing mix, sharia marketing mix
ANALISIS TRANSAKSI RESI GUDANG DAN POTENSI PENGEMBANGANNYA KE UNIT SYARIAH Luthfi Zulkarnain
JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46899/jeps.v5i1.168

Abstract

ABSTRAK. Indonesia merupakan negara agraris dan sebagian besarpenduduknya bekerja sebagai petani dan pengusaha agribisnis. Masalah yang sering dihadapi oleh petani atau pengusaha agribisnis dalam mengembangkan bisnis adalah masalah modal. Harga komoditi berjangka jatuh saat panen, petani tidak punya pilihan selain untuk menjual barang komoditas ke tengkulak. Sistem Resi Gudang lahir untuk memenuhi kebutuhan petani dalam mendanai untukmembeli keperluan musim tanam berikutnya. Dengan sistem resi gudang, petani dapat memastikan barang komoditi yang disimpan di gudang mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan dan kemudian menjual kembali saat harga mulai membaik. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan jawaban tentang mekanisme penerbitan, transfer, penyelesaian janji, dan resi gudang dan faktor-faktor yang mempengaruhi transaksi resi gudang. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode deskriptif dengan analisis data kualitatif dankuantitatif.Kata kunci: Sistem Resi Gudang, Perbankan, KomoditasABSTRACT. Indonesia is an agricultural country and most of its residents work as farmers and the agribusiness entrepreneurs. The problem often faced by farmers or agribusiness entrepreneurs in developing a business is a capital problem. Future commodity prices fall harvest, farmers have no choice but to sell commodity goods to middlemen. Warehouse Receipt System was born to meet the needs of farmers will be funding to buy the purposes of the next planting season. With a warehouse receipt system, farmers can ensure a commodity item that is stored in the warehouse to get a loan from banks or financial institutions for commodity goods and then resel l when prices began to improve. This study was conducted to get answers about the publishing mechanisms, transfer, pledge, and warehouse receipts settlement and the factors that affect the warehouse receipt transactions. The research method used is descriptive method with qualitative and quantitative data analysis.Keywords: Warehouse Receipt System, Banking, commodity
PERAN AGEN ASURANSI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG ASURANSI SYARIAH Edi Hariyadi; Abdi Triyanto
JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46899/jeps.v5i1.164

Abstract

ABSTRAK. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalahbagaimana peran seorang agen asuransi dalam meningkatkan pemahaman terhadapa asuransi takaful. Dalam penelitian ini juga berusaha menjawab bagaimana sikap perilaku nasabah terhadap eksistensi asuaransi syariah. Kedua bagaimana kerja keras seorang agen asuransi syariah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Model penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil daripada penelitian ini, agen memiliki peran dalam mengakses informasi, menjaga image asuransi syariah, memberikan solusi dan konsultasi terhadapnasabah yang prospektif. Dengan begitu, pemahamanan masyarakat akan manfaat takaful akan menjadi lebih baik.Keywords: Agent Asuransi Syariah, Peran Agen asuransi syariah,pemahaman masyarakatABSTRACT. The subject matter to be discussed in this paper is how the role of an Islamic insurance agent in increasing public understanding of Takaful. In addition this paper will try to answer: how people's attitude toward the existence of Islamic insurance; and how should the efforts of an Islamic insurance agent to increase insurance awareness for the community. This paper focuses the discussion of an agent as an intermediary between the Takaful Islamic insurance company with the community. The method used in this paper is to study literature (Library Research), namely by rethinking simultaneously collects some writing and previous research results related to the presence and role of thefunction of an agent. This results in writing that there are a few roles Takaful agent, such as access to information, guard the good image of Islamic insurance companies, power marketers Islamic insurance products, providing solutions and services to prospective customers as well as provide insight to the public right of Takaful. On the basis of the understanding of Takaful then the public will know and understand the importance of using Takaful.Keywords: Islamic Insurance Agent, Role of Agent, Understanding of society
PRODUK PEMBIAYAAN SOSIAL PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Falikhatun Falikhatun; Sri Iswati; Mohammad Saleh
JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46899/jeps.v5i1.166

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalammengenai produk pembiayaan sosial pada perbankan syariah di Indonesia. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini digunakan untuk menggali informasi yang terkait dengan pengalaman Muqridh (orang yang berpiutang) dalam implementasi produk pembiayaan sosial. Pengumpulan data dilakukandengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis yang digunakan adalah Analisis Fenomenologi Interpretatif. Hasil analisis menyimpulkan bahwa menurut pengalaman Muqridh, obyek produk pembiayaan sosial pada perbankan syariah di Indonesia meliputi Uang Muka Gaji (UMG), Rahn Emas dan HawalahKata kunci: Hawalah, Rahn Emas, Uang Muka GajiABSTRACT. The study aims to analyze in depth about social financing products on Islamic banking in Indonesia. The paradigm that is used in this research is interpretive paradigm approach to Phenomenology. This approach is used to dig up the information associated with the experience of Muqridh in the implementation of social financing products. Data collection is done with the interview, observation and documentation, while analysis is the analysis of Interpretive Phenomenology. The results of the analysis concluded thataccording to the experience of the Muqridh, the object of social financingproducts on Islamic banking in Indonesia include an advance salary, the gold Rahn and the HawalahKeywords: Hawalah, Gold Rahn Emas, Advance salary
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Devisa Di Indonesia Umiyati Umiyati; Leni Tantri Ana
JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46899/jeps.v5i1.165

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Dana Pihak Ketiga (DPK), Financing to Deposit Ratio (FDR), Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF) dan Inflasi Terhadap Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Devisa di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Triwulan dari Maret 2011 sampai Desember 2015. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSSversi 20 dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa Return on Asset (ROA), Performing Financing (NPF) dan Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan. Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan. Hasil lainnya menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 91,3% yang berarti secara simultan menunjukkan bahwa Jumlah Pembiayaan pada Bank Umum Syariah Devisa dipengaruhi oleh Dana Pihak Ketiga (DPK), Financing toDeposit Ratio (FDR), Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF) dan Inflasi Sedangkan sisanya sebesar 8,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.Kata kunci: Pembiayaan, Dana Pihak Ketiga (DPK), Financing to DepositRatio (FDR), Return On Asset (ROA), Non PerformingFinancing (NPF) dan InflasiABSTRACT. This research aim to analyze the effect of the third-party funds, Financing to Deposit Ratio (FDR), Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF) and Inflation against the total of fund at Syariah Banking foreign exchange in Indonesian. The data for assessing this research are acquired quarterly data from March 2011 to December 2015. Technical sampling used in this research is purposive sampling and used multiple linier regression method. Data processing in this research uses SPSS software 20.0 and Microsoft Excel 2016. The results of theanalysis indicated that partially, Return on Asset(ROA), Non Performing Financing (NPF) and Inflation has no significant affect to funds. The third-party funds and Financing to Deposit Ratio (FDR) are significant to funds.The amount of the adjust Rsquare is 91,3%. Simultaneously the third-party funds, Financing to Deposit Ratio (FDR), Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF) and Inflation have significant affect. While the remaining amount of 8,7% influenced by other factorsthat are not included in the study variables.Keywords: The Total of fund, the third-party funds, Financing to Deposit Ratio (FDR), Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF) and Inflation
DOMINATION RIBAWI TRANSACTIONS IN THE ECONOMY Dyarini Dyarini
JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH Vol 5, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46899/jeps.v5i1.163

Abstract

ABSTRACT. Though the fight against usury command is a cornerstone ofIslamic finance but the debate about the significance of the word "Riba"precisely still persistent. since the beginning of the advent of Islam, the majority of scholars has adopted a strict definition of usury, that all forms of interest can be said to be riba. but the debate continually held until now. some opinions reject these definitions and argued that Islam tolerate a reasonable interest rate.  Therefore, this article will explain about riba and significance.Keywords: Riba, Economic Transaction, Islamic Economic ABSTRAK. Perang terhadap riba adalah salah satu inti dari ajaran Islam, tetapi diskursus tentang signifikansi kata “Riba” masih terus bergulir. Sejak awal masa Islam, mayoritas Ulama telah mengadopsi secara jelas definisi riba, bahwa seluruh bentuk tambahan dapat dikatakan sebagai riba. Tetapi debat terus berlanjut hingga saat ini. Beberapa pendapat menolah defenisi ini dan beragumen bahwa Islam menolerir suatu tingkat suku bunga tertentu. Olehkarena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang riba dan signifikansinya.Keywords: Riba, Transaksi Ekonomi, Ekonomi Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 6